Sabtu, 25 Oktober 2008

Alihkan Porong ke Wilayah Barat

SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berencana merekonstruksi Porong ke arah barat yaitu ke daerah Krembung, Prambon hingga ke Balongbendo.

Menurut Bupati Sidoarjo, Win Hendrarso, wilayah Porong yang saat ini sudah terkena luapan lumpur akan direkonstruksi ke arah barat yaitu ke Krembung, Prambon sampai ke Balongbendo. Konsekuensinya, tentu akan terjadi perubahan tata ruang. Jika sebelumnya wilayah tersebut merupakan wilayah pertanian, maka nanti akan berubah menjadi wilayah non pertanian.

''Selama ini wilayah Krembung, Prambon dan Balongbendo itu merupakan wilayah pertanian. Apabila Porong jadi direkonstruksi ke wilayah tersebut otomatis tata ruang wilayah tersebut akan bergeser dari pertanian mungkin bisa jadi akan berubah menjadi wilayah industri,'' ujarnya Senin (26/2/08) di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Selama ini, katanya, dampak lumpur terhadap pertumbuhan perekonomian di Sidoarjo sangat luar biasa. Pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo turun mencapai 60-70 persen.

Rencana pemindahan jalur arteri nasional Jalan Raya Porong, jalur tol dan jalur kereta api, lanjut Win, merupakan starting point rekonstruksi Porong. Kalau jembatan Porong tidak ambles, mungkin masih bisa digunakan. Tetapi kalau ambles, otomatis jalan raya Porong akan mati. Matinya jalan tersebut akan menyebabkan perpindahan instrumen yang lain seperti pasar, pertokoan, dan pemukiman. (media center)


Tidak ada komentar: